Rabu, 09 Januari 2019

9. Bekerja Dari Rumah


Resign dari kantor menjadi pilihan terbaik ketika kebersamaan dipertaruhkan. Sejak menikah, aku dan suami sudah sepakat untuk tidak jauh-jauhan. Cukup Dilan yang berat menahan rindu, aku tidak.

Bagi aku yang sudah terbiasa bekerja dan bergerak, pilihan resign adalah cobaan yang berat. Ada sekitar 2 bulan, sebelum memutuskan untuk mengundurkan diri dari kantor, tempat selama ini mengabdi. Apalagi harus berpisah dengan anak murid yang sudah sekian bulan akrab denganku. Beruntung aku mundur di saat para murid liburan akhir tahun. Sehingga aku tidak perlu melihat air bening menetes dari mata.

Suamiku sering bilang, penulis itu bisa bekerja di mana saja. Tidak harus terikat di satu tempat. Oleh karena itu, bismillah aku resign.

Adaptasi sudah selesai. Saatnya mulai menata rumah sebagai kantor. Pekerjaan rumah memang masih banyak. Maklum, rumahku masih jauh dari kata layak. Rumah suamiku maksudnya.

Awal menikah memang kondisi rumah belum jadi. Baru ada beberapa kamar. Targetnya memang tahun depan baru kuperbaiki.

Ternyata sesuai dengan rencana. Begitu sampai di rumah, yang kulakukan awal adalah meneruskan pembangunan rumah. Beruntung suamiku bisa mengerjakan sendiri dibantu sama adik.

Alhamdulillah, rumah sudah lebih baik. Tinggal menyelesaikan hal kecil seperti atap rumah, mengecat dan sebagainya.Di sela-sela membangun rumah, aku sempatkan untuk menulis. Alhamdulillah, meski di desa, aku masih bisa daring. Sehingga transferan pun tetap mengalir. Malah berlebih dibanding waktu di Kota Tangerang.

Diam-diam suami pun sudah merancang ruang kerja untukku. Meja, kursi, dan rak buku.
Bekerja dari rumah memang enak. Tidak perlu pakai baju resmi. Apalagi sepatu. Modal gawai dan laptop.Namun, ada beberapa hal yang perlu diingat ketika memutuskan bekerja dari rumah.

Tips Bekerja dari Rumah:
1.    Buat deskripsi pekerjaan yang jelas.
Dari awal menulis, aku selalu mengatakan sebagai guru yang bisa menulis. Seiring waktu aku juga mengedit tulisan dan menjadi mentor menulis.
2.    Buat jam kerja kantor.
Ini penting, biar enak kerjanya. Bekerja teratur di jam yang sama akan membuat semua efisien.
3.      Buat to do list harian
Saya menggunakan Daily Activities for Mom Indscript untuk menulis kegiatan harian. Apalagi bisa dihapus. Produknya cocok banget untuk orang yang pelupa semacam saya.

4.      Lakukan evaluasi berkala.
5.      Pilih provider yang menunjang kegiatan bisnis dan nulis.
Soalnya tiap daerah berbeda-beda kekuatan sinyal providernya. Aku mencoba semua kartu hingga menemukan provider yang cocok.
6.      Usahakan tetap rapi, wangi, dan cantik ketika bekerja.
Biar menulisnya semangat. Itu yang kulakukan saat ini. Aku melakukan aktivitas dalam keadaan rapi dan wangi. Tentu sudah mandi dan sarapan.

Rutinitasku tetap. Pukul 08.00-12.00 saatnya berkerja. Menulis, membalas klien, riset, dan membaca referensi.
                         jam tangan foto koleksi Fuatuttaqwiyah

Semoga tipsnya bisa membantu teman-teman yang memutuskan bekerja dari rumah.

#ODOP #estrilook  #day9

27 komentar:

  1. Awalnya, Keputusan berat hrs mengambil sikap utk mengundurkan diri dr pekerjaan kantor. Tp kl sdh punya tujuan dan sdh sesuai dg keinginan, lambat laun terasa lbh bahagia krn sesuai dengan keiinginnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak. yang penting sudah direstui suami.

      Hapus
  2. Sepertinya jadi sangat membantu ya kalau punya ruang kerja begitu saat memutuskan bekerja dari rumah. Karena tidak ada jadwal kantor, pasti harus tertib diri ya untuk menetapkan jadwal untuk diri kita sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak. ruang kerja masih on proses. nunggu suami selesai beresin rumah.

      Hapus
  3. Konsep SOHO (small office home office) juga menjadi pilihan anak² milenial. Yy penting didukung oleh jaringan internet yg mumpuni. Selamat menulis...

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mbak hani. jaringan internetnya kadang on off. maklum di desa. paling kencang malam hari. pernah ngadat juga pagi hari. sinyal o sinyal

      Hapus
  4. Semangat menulis. Bekerja dari rumah ini bikin ibu-ibu kaya aku jadi semangat berkarya. Dengan jurus serba jumpalitan, tapi ada kebanggaan dan kesenangan tersendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mbak damar. jadi nggak merasa sendiri.

      Hapus
  5. Aku nulis masih banyak lompat-lompat waktunya Mak Ita. Daaaan, seringnya dalam keadaan yang nggak wangi huahahaha. soalnya kalau wangi dan rapi si bocil langsung ribut nanyain maminya mau ke mana trus rempong. Akhirnya nggak jd nulis deh. Kadang juga nulis sambil nungguin dia sekolah, bari jeng ngobrol sama ibu-ibu lain. ya gitu deh... mamak penulis yang rempong

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau aku karena masih berdua, jadi belum kerasa kerempongannya.Nanti kalau sudah ada bocil, baru diakalin waktunya.

      Hapus
  6. samaaa aku juga bekerja dirumah, setuju banget sama tips2nya mbaaa. Makasih sharingnyaa ~

    BalasHapus
  7. Aku belum punya jam khusus selain sebelum subuh, itu pun tergantung duo krucil anteng or not. Tapi alhamdulillah setiap hari menyempatkan meskipun sebentar

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga masih semaunya. tetapi sekarang coba konsisten.biar nggak begadang tiap malam.

      Hapus
  8. Aku bekerja dari rumah tapi memang belum menulis. Sejauh ini masih menjadi hobi yang mendatangkan kesenangan, bukan uang. Padahal aku senang lho kalau dapat uang, hahaha ...

    Betul banget. Bekerja dari rumah harus disiplin. Bosnya diri sendiri, kan? Nah, melawan diri sendiri tuh suka gimana gitu. Setuju juga untuk mulai bekerja dengan kondisi sudah mandi, rapi, dan wangi. Kusut, lepek, gerah, duh susah semangatnya deh kalau begitu mah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sama. kalau belum mandi, mata bawaannya mengantuk. jadi ini untuk ngakalin semangat.

      Hapus
  9. Bener banget ya, kita harus buat jadwal agar ga keteteran pekerjaan yangblain. Pengingat yang baik nih mbak, terimakasih��

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak. atm teh indari mastuti. biar semua bisa tepat waktu

      Hapus
  10. Waaah... Aku juga pakai papan Daylight activity dari indscript mbak. Membantu banget deh karena sering banyak DL yang sering bentrok

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah samaan kita. mbak. memang bantu banget buat aku yang pelupa.

      Hapus
  11. Makasih ya, Mba. Tipsnya saya juga kerja di rumah sejak resign, Kalo terjadwal nulis jadi lebih terarah ya, Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, biar tahu prioritas juga dan nggak dicemberutin suami kalau di depan laptop terus

      Hapus
  12. Bagus nih tipsnya. Cocok untuk penulis yg juga bekerja dari rumah ya. Indscript kreatif, nih. Makasih, Mbak Fu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih. iya mbak. indscript itu idenya wow banget.

      Hapus
  13. Duh saya belum bisa punya jam kerja. Masih nyuri2 waktu dari si Kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. dimulai yuk mbak. tetapi memang harus diutamakan si dedek dulu.

      Hapus
  14. Wah punya kantor di rumah. Semoga segera selesai ya mb dan lebih smngat lagi menulis secara lebih private lagi saat bekerja di ruang khusus. Sukses!

    BalasHapus