Kamis, 17 Januari 2019

The Power of Deadline


sumber: pixabay.com
Seharusnya ini tema hari ketiga. Namun, baru hari keempat bisa menuliskannya. Kemarin seharian sibuk merekap orderan buku Resep Emak Berbisnis Dijamin Laris. Kebetulan hari terakhir. Bisa dipastikan orang-orang baru ngeh ketika hari terakhir. Kemarin-kemarin, entah ke mana? Itu pertanyaan klise. Memang sepertinya sudah menjadi kebiasaan di Indonesia, pas deadline baru pada pesan. Kebayang kan bagaimana repotnya saya kemarin.

Berprofesi sebagai penulis, bagiku deadline adalah makanan sehari-hari. Seperti saat nekad mengikuti event Nulis Bareng Challenge Menulis wilayah Sumatera. Aku sudah bersiap dengan berbagai deadline menulis yang kebetulan bareangan. Kali ini memang sudah kuniatkan. Bulan Januari harus lebih produktif menulis. Jadi bersikap biasa saja.
Selamat tinggal kemalasan!
Selamat datang produktivitas!

Keistimewaan Deadline

Deadline membuat adrenalin terpacu. Ide biasanya muncul jelang deadline. Itu menurutku. Di balik kengerian deadline, banyak sisi positifnya, antara lain:

1.      Membuat Otak Berpikir Cepat
Bekerja di bawah tekanan membuat otak terpacu. Ini akan membantu menemukan ide-ide baru yang bisa memenuhi kepala. Sehingga bisa menyelesaikan naskah relatif lebih cepat. Tinggal menyatukan ide menjadi naskah yag sesuai dengan kebutuhan.

2.      Mengatur Waktu
Maksudnya hari itu waktu dibagi sedemikian rupa agar tidak terlewat. Kesibukan pasti tidak ada henti. Oleh karena itu harus diakali. Caranya, jam berapa harus nulis, jam berapa kirim. Pastikan dikirim sebelum batas akhir waktu. Biasanya jelang berakhir, semua mengirim berbarengan.
Kebanyakan penulis mengirim di hari terakhir. Akibatnya banyak yang menyerbu email. Kendala pasti ada.

3.      Pastikan Koneksi Provider Mendukung (baca https://eladiba.blogspot.com/2019/01/6-cari-provider-yang-mendukung-kegiatan.html)
Ini sudah sering terjadi. Jadi, tahu banget koneksi internet mempengaruhi hasil akhir. Beberapa kali event terlewat hanya beda beberapa detik. Sesuatu yang bikin kesal, kan? Sebaiknya hindari tindakan seperti itu. Sayang dengan usaha yang telah dilakukan untuk menyelesaikan tulisan.

Mengakali Deadline
Cara paling klasik mengakali deadline adalah mengatur waktu sebaik-baiknya. Caranya, yaitu
1.      Buat Timeline
Usahakan h-2 sudah terkirim. Jadi, otak bisa rehat sejenak.
2.      Buat Kerangka Tulisan
Ini sangat membantu ketika deadline berkejaran.
3.      Banyak Membaca
Jadi, deadline bukan untuk ditakuti, tetapi untuk membuat seni menulis jadi lebih hidup. Selamat menikmati deadline!
#ODOP #estrilook  #day16
#NubarSumatera
#ChallengeMenulis

#day3

14 komentar:

  1. waaw aku ini terkadang, wkwk. Tapi saya enggak bisa kalo kerja di bawah tekanan, jadi lebih suka jauh2 hari udah ngirim, malah terkadang kalo deket DL jadi ciut enggak bisa ngerjain wkwk. Tapi pernah juga sih mepet DL, Alhamdulillah bisa kekejar sambil ngos2an wkwkwkwk.

    BalasHapus
  2. Setuju the power of Deadline kadang membuat otak tumpul jadi bekerja cepat. Yangvtadinya gak kepikiran jadi tiba2 menulis begitu cepat. Emang seharusnya semua hal di target sih mbak biar kita ada motivasi

    BalasHapus
  3. Baca judulnya aku malu sendiri karena masih jadi tim deadliner. Padahal apapun itu, harusnya langsung dikerjakan sebelum deadline ya

    BalasHapus
  4. Pernah beberapa kali nerima penulisan dari penerbit, dead linenya 3 minggu. Setress to the max. Skrng blm siap lagi uy. Hrs bener² fokus. Malu kalo lewat waktu...

    BalasHapus
  5. Setuju Mbak Fu...saya dulu suka ngerjain sesuatu itu nanti-nanti dulu..Akhirnya dah ngedraft buat lomba, pas DL ada hal di luar rencana..jadi deh batal ikutan hiks.
    Tahun ini saya juga pengin membenahi masalah DL biar semua berjalan sesuai rencana.

    BalasHapus
  6. Saya termasuk deadliners, entah kenapa otak lebih cepat berjalan ketika mepet waktunya. Tapi belajar dari kesalahan, walaupun deadline sekarang berusaha buat draft dulu, minimal ada gambaran. Ga mepet menjelang jam 12 malam.

    BalasHapus
  7. Saya termasuk deadliners garis keras wkwkwk...suka nunda-nunda, akhirnya panik menjelang DL. Kalau bisa melewatinya, perasaan pasti legaaa...

    BalasHapus
  8. Wah,deadline itu sebenarnya gak enak. Berusaha mneghindari sih. Walaupun kadang ketemu juga, hiks. Kadang saya memaklumi diri sendiri karena emang lagi di posisi Emak rempong.
    Tapi tips di atas bermanfaat banget. Makasih :)

    BalasHapus
  9. Haha... Saya juga pejuang Deadline mbak, kadang nyari ide nggak nemu nemu, pas udah mepet, ide datang dengan sendiri

    BalasHapus
  10. Aku suka keteteran soal waktu mbak, btw Nulis Bareng Challenge Menulis wilayah Sumatera boleh tahu grupnya apa ya Mbak, soalnya aku tinggal di Sumatera nih, Medan. Bisa bagi info?

    BalasHapus
  11. Biar deadline menarik, tapi saya mending sebelum deadline aja deh menyelesaikannya. Bagi saya deadline itu sport jantung

    BalasHapus
  12. Dulu saya deadliner. Tapi aekarang jadi cape ya. Mending atur waktu atau kalau setelah dihitung gak bakal kepegang, mending nolak.

    BalasHapus
  13. Hahahaha, itu yang terjadi kemaren. 5 menit sebelum teng jam Cinderella, baru laporan posting. Yaaay

    BalasHapus
  14. Hihi...saya nih dateliners...sbnrnya gk pngen tp ada aja yg mmbuat akhirnya terperangkap dlm DL's...

    BalasHapus