Kamis, 14 Februari 2019

Tips Manajemen File di Laptop


Setiap hari pasti ada informasi yang masuk atau ditulis di laptop. Bahkan tidak hanya satu informasi, bisa lima sampai sepuluh file bagi penulis yang sudah professional. Dalam satu bulan bisa dibayangkan betapa banyaknya file yang masuk. Tentu hal ini akan membuat bingung bila tidak dibuatkan folder khusus.

Sebagian besar orang menyepelekan manajemen file. Mereka beranggapan bukan hal yang penting. Sementara sebagian yang lain menganggap karyanya masih sedikit. Sehingga, mereka menganggap hal ini tidak penting. Bukankah semakin sedikit lebih mudah mengaturnya?

Beruntung saya di awal terjun di dunia menulis, mendapatkan pelatihan bagaimana membuat manajemen file yang sistematis. Waktu itu tanpa sengaja mengikuti pelatihan menulis berbayar di dekat rumah. Guru saya adalah mbak Reni. Beliau membagikan tips membuat file kedalam beberapa folder seperti bank naskah, bank judul, dan bank sampah. Wah lengkap, kan?

Saya memodifikasi ilmu dari beliau. Dibawah ini adalah cara saya membagi folder di laptop, biar lebih mudah mencarinya.

1.      Semua File Penting Disimpan di local disk D
Saya melakukan ini untuk menghindari hilangnya file. Kehilangan file pernah saya alami. Itu di awal saya mengajar di BSD Kota Tangerang Selatan. File itu belum sempat saya tonton. Hasil karya anak murid ketika Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Seperti diketahui bila disimpan di local disk C, bila laptop rusak dan harus diinstal ulang semua file akan hilang. Namun, bila disimpan di local disk D tidak hilang.

2.      Membuat Folder Baru di local disk D
Biasanya saya membagi file sesuai dengan bentuknya. Misalnya foto tulisan, video bahan tulisan. Setiap folder saya bagi lagi ke dalam tahun. Jadi foto tahun 2018, video 2017, dan sebagainya.

3.      Membuat Bank Naskah
Di bank naskah saya membagi menjadi beberapa folder tahunan seperti 2019, 2018. Dari folder tahun dibagi lagi menjadi beberapa folder sesuai bentuk tulisan. Di laptop saya tulisannya artikel 2019, cernak 2019, puisi 2019.

4.      Membuat Bank Ide.
Bank ide adalah semua ide tulisan yang ingin ditulis bisa berupa judul, cuplikan quotes, curhatan, dan sebagainya. Gunanya bank ide adalah mengumpulkan setiap ide yang melintas agar tidak hilang.

5.      Membuat Catatan Naskah
Catatan naskah adalah tempat naskah bermuara sementara. Setiap naskah yang terkirim ke media atau penerbit sebaiknya dicatat agar bisa dilacak keberadaannya. Isi file adalah judul naskah, tanggal pengiriman naskah, status naskah bisa dipilih menunggu atau ditolak kalau sudah pasti, dan tenggang waktu untuk menanyakan naskah.

Demikian tips singkat membuat manajemen file di laptop. Semoga bermanfaat.

Undaan Kidul, 14 Februari 2019
#NubarSumatera #ChallengeMenulis #day24
#NderesLiterasi
#SehariSatuParagraf
#Eladibastore
#Eladibatraining
#Day7
#Setip #Estrilookcommunity #Day2
 sumber tulisan: penulis
sumber gambar: pixabay.com


26 komentar:

  1. Sama mbak aku pun file2 di laptop aku pakai label biar ga pusing dan disimpan di drive D. Cuma kayaknya data makin banyak, jadi perlu tambahan hard disc lg nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku punya eksternal hard disk 2. jadi masih bisa untuk memback up data. penamaan pun tidak jauh beda dengan di laptop

      Hapus
  2. Mbak dirimu kereeeen sekali ya, serapi ini. Aku masih acakadut filing nya. Duh, mesti diperbaiki ini, karena seringkali aku cari apa gitu susahnya setengah mati..

    Makasih sudah membagikan tips
    ini ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Aku itu kadang lupa pernah nulis apa. Jadi mending dimasukkan ke folder, jadi langsung ingat file apa. Apalagi hobi corat coret asal.

      Hapus
  3. Dulu aku membagi-bagi file seperti itu, eh nggak sedetil itu juga, sih. Tapi sekarang kenapa nggak lagi, ya? Akibatnya kalau mencari sesuatu harus ketik dulu di kolom pencarian. Wah, mesti diperbaiki lagi nih. Thank you ya, tipsnya keren banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga masih ada yang berantakan. Terutama yang di gawai. Kalau di laptop sudah rapi.

      Hapus
  4. Semenjak pernah ilang file aku jadi detail juga soal file, walau kadang suka masih ada miss karena perputaran memori card nya yang tinggi. Tapi bener2 berusaha manage file ini serapi mungkin

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak yasinta sudah mastah dan proyeknya banyak. Top deh

      Hapus
  5. Aku semenjak kuliah dan kenal penyimpanan cloud. File2 penting enggak mau di taruh di laptop lagi. Takut nyesel semua ilang terus sakit hati lagi huhu. Tapi sama sih bikin folder yg sesuai dengan apa yg mau dibuat dan bikinnya sesuai dengan naskah2 tulisan. Makasih mba fu sharingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku belum menyimpan di cloud. Masih di laptop, gawai, dan google drive. Baru mau belajar aplikasi cloud

      Hapus
  6. Bener banget mbak, jadi enak kalau dipilah dari awal. Eh, tapi kenapa yang saya simpan lebih banyak gambar daripada tulisan ya... kwkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau gambar aku pakai judul juga. Misalnya kelas cernak elex, kelas ensiklopedia, kelas menulis inspiratif, dan lain-lain. Semua juga pakai tahun. Biar tidak lupa.

      Hapus
  7. Berdasarkan saran suami, semua file akhirnya disimpan di Disc D.
    Beneran mbak, saat Lepi drop. Alhamdulillah file masih aman dan bisa dipindahkan ke komputer suami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak. itu pengalaman waktu masih awal dengan notebook lama. Sekarang di laptop baru langsung dibagi 3 folder. C, D, dan E.

      Hapus
  8. Nah, bank ide belum nih. Pernah belajar, ada aplikasi sih untuk bank ide ini. Tapi saya malah bingung. Mungkin belum biasa. Lebih terbiasa pakai folder-folder gini nih...
    Makasih sharingnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bank ide hanya untuk naskah yang lewat sekilas mbak. Aku suka nulis asal. Jadi dibuang sayang, tulis saja di laptop. Bank ide bisa juga ditulis di buku tulis atau agenda pencatatan ide Indscript (bukan promo)

      Hapus
  9. Duh saya malu ini, file-file di laptopku tuh amburadul banget banget deh.

    Mau juga serapi dirimu. Eh itu file Bank Naskah dan Bank Ide keren juga. Kok bisa kepikiran gitu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu itu belajar sama wartawan mbak. Beliau menyarankan untuk membuat bank naskah. Biar kalau ada lomba atau event langsung bisa kirim. Kalau bank ide itu ideku. Hobi corat coret tidak jelas.

      Hapus
  10. Wah..jadi ingat file-ku yang pada berantakan. Hm, kayakny harus seger dirapikan kembali, nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak. kalau rapi itu enak. Aku juga masih PR di laptop baru. Belum serapi laptop yang lama.

      Hapus
  11. Paling fatal kalau file berantakan memang dimana-mana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul miss. apalagi sebagai guru. wajib rapi biar enak mencarinya.

      Hapus
  12. Terima kasih tipsnya yang sangat bermanfaat untuk saya yg pernah kehilangan file di laptop, ahaha. Manajemen saya buruk banget kadang sampai lupa dimana nyimpen filenya

    BalasHapus
  13. Wah idenya keren mba .. aku masih suka seenaknya aja nyimpen file euy.. pas nyari jd kelabakan hehe. Makasih ya tipsnya aku terapin ah

    BalasHapus