Jumat, 22 Februari 2019

Ragam Tulisan yang Menjadi Pilihanku


Buku solo perdana

Menulis Apa?
Wah sudah hari kedua di kelas Indscript for Wrting Class. Seperti biasa membuat pagiku kian berwarna. Sudah banyak peserta yang setor tugas begitu the Indari memberikan tugas. Kali ini tentang jenis tulisan yang kupilih. Kalau disuruh menulis, pasti banyak. Setidaknya ada delapan pilihan jenis tulisan, yaitu:

1.       Artikel
Tulisan artikelku memang belum banyak. Menulis artikel memang mempunyai keasyikan tersendiri. Apalagi kalau dibayar. Beberapa kali aku mengerjakan artikel pesanan orang. Alhamdulillah rata-rata pemberi job puas dengan tulisanku. Kalau mau lihat sebagian tulisanku ada di Emak pintar, blogku eladiba.blogspot.com, status Facebook, dan pernah juga juara lomba artikel cagar alam kemendikbud 2018.
Buku solo kedua


2.       Novel
Masih dalam proses penyelesaian naskah. Sudah 50% selesai. Doakan selesai ya. Amin. Bisa juga kunjungi wattpadku: @aqwiyah ada Cinta di Ujung Asa dan beberapa cerita lain.

3.       Content Writer
Kalau ini beberapa kali juga aku diminta menuliskan artikel untuk sebuah website. Dulu juga pernah menjadi pimpinan redaksi di salah satu sekolah di Aceh. Sekarang aku penulis lepas yang bekerja kalau ada yang memberi job.

4.       Blogger
Aku punya blog sejak 2012. Waktu itu dibuatkan oleh salah satu murid menulisku. Sampai sekarang blognya masih ada. Alhamdulillah mulai diisi lagi. Kalau mau melihat tulisanku silakan kunjungi eladiba.blogspot.com

5.       Resensor
Hobi membaca buku dan menulis buku membuatku punya buku banyak. Oleh karenanya aku sering menuliskan resensi buku yang kutulis maupun buku orang lain. Minimal seminggu sekali kutulis cerita buku. Kalau mau melihat sebagian review bukuku silakan kunjungi eladiba.blogspot.com.

6.       Penulis Buku
Dari awal menulis aku memang lebih suka menulis buku. Di samping karyanya abadi dan terdokumentasi dengan baik, namaku pun dikenal sebagai penulis. Kalau di website, sewaktu-waktu tutup atau ditutup aku tidak punya pertinggal lagi.
Buku yang kutulis hingga saat ini ada dua buku solo dan 115 antologi dengan berbagai jenis tulisan. Ada puisi, cerpen, esai, artikel, pengalaman hidup, kisah inspiratif, cerita anak, ensiklopedia, dan lain sebagainya. Aku memang suka berpindah jalur. Kulakukan semata untuk menaikkan kemampuan menulisku.


7.       Copy Writer
Ini profesi baru yang kujalani. Aku masih dalam tahap belajar.

8.       Jurnalis
Dulu aku pernah belajar jurnalistik. Kemampuan ini ternyata berguna ketika aku harus menulis reportase dan kegiatan yang kuikuti. Memang aku belum tergabung dengan media daring mana pun, karena lebih suka kerja sendiri.

Untuk saat ini target ikut Indscript for Writing Skills adalah menyelesaikan buku non fiksi tentang pendidikan anak usia dini, novel inspiratif, dan antologi puisi. Semoga bisa tercapai. Amin.

Undaan Kidul, 22 Februari 2019
#Indscriptwritingskills
#calonpenulisbestseller




3 komentar: