Minggu, 13 Januari 2019

12. Mi Tek Tek Undaan



Hujan deras baru saja mengguyur bumi. Genangan air masih ada di kanan kiri jalan. Sebagian jalan kampung Undaan Kidul sudah mulai sepi. Warga memilih di rumah tidur atau mengobrol dengan anggota keluarga.
Selama menjadi penduduk desa, aku jarang keluar. Apalagi malam hari. Sebisa mungkin tidak keluar rumah kecuali penting dan perlu. Udara malam di desa begitu dingin di musim penghujan. Mau ke jalan raya pun minimal memakai jaket.
Di sepanjang jalan Kudus-Purwodadi ada banyak penjual makanan seperti nasi goring, mi, sate, dan sebagainya. Suami mengajak aku untuk menikmati mi tek-tek. Sesekali makan di luar. Biasanya kalau mi dan nasi goreng, masakan suami paling enak. Ketahuan kalau aku malas masak. Hehe.

Warung mi tek-tek terletak di Undaan Tengah. Lumayan jauh dari rumah. Penjualnya menggunakan gerobak. Sementara untuk tempat duduk pembeli menggunakan teras sebuah toko yang sudah tutup. Terasnya berlantai keramik. Di atasnya ada tikar plastik sebagai tempat duduk. Pas aku dan suami datang, masih sepi. Belum ada yang beli.
Penjual menanyakan pesanan mi dan minuman. Dua porsi mi dan segelas air teh panas menjadi pilihan. Penjual pun segera membuatkan pesanan kami.
Penjual mi tek tek memasak menggunakan arang. Sementara untuk mengipasinya menggunakan kipas angin ukuran kecil. Tak lama pesanan kami siap.
                             tempat makan mi di depan toko
Penjual menyajikan dengan serbet dari kain sebagai alas piring. Jadi, di sini tidak ada tisu. Pembeli bisa menggunakan serbet kain untuk mengelap tangan mulut. Untuk yang terakhir saya tidak melakukan. Serbetnya tidak sempat difoto. 
Mi tek-tek disajikan dengan lima tusuk sate ayam. Ini merupakan ciri khas mi di daerah Undaan. Campuran mi pun hanya sayuran daun kol. Berbeda dengan mi Yogya yang sayurannya lebih banyak, di sini minya mengambil porsi lebih besar.
Untuk rasa, lidahku masih kurang puas. Biasa makan dengan bumbu gurih, mi tek tek ini cenderung manis. Apalagi ditambah sate ayam yang dominan rasa manisnya lebih besar. Rasa pedas hanya didapat dari cabe yang diiris bercampur mi. Kalau yang tidak suka pedas, tanpa sengaja bisa kemakan cabenya.
Pembeli mi setiap harinya sangat banyak. Harga yang dipatok pun lumayan murah. Hanya sepuluh ribu per porsi. Minumannya dua ribu rupiah. Perut pun sudah kenyang.
Begitulah hidup di desa. Serba murah. Ada yang mau mampir ke rumah? Silakan berkunjung di desa saya, sajian mi akan disuguhkan oleh suami, chef di rumah.

#ODOP #estrilook  #day12

25 komentar:

  1. Mbak Fu, semangkuk mie tektek plus 5 tusuk sate hanya 10 ribu...oh em ji. Murah syekaliii...
    Tapi aku baru tahu dari artikel ini kalau mie tektek di Undaan dimakannya pakai sate. Jadi penasaran akutuuuu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga tahunya pas makan sama suami. Seumur-umur baru kali itu makan mi dengan sate.

      Hapus
  2. Mie tektek, kalo di jakarta udah juarang banget yang jualan begini. Ada sih yang jualan dekat rumah, biasanya jualanannya bareng sama tahu campur. Beuh sedap yes, duh jadi pengen pulang ke rumah makan mie tek tek hehe ~

    BalasHapus
  3. Nanti kalau aku ke Kudus (tempt orang tua) atau purwodadi (tempat mertua) kita ketemuan yoooks... Di Kudus banyak objek wisata juga lebih ke sejarah sih sbnrnyan aduh ini komen galfok banget sama Kudusnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh mbak. aku juga sedang mengeksplor Kudus dari hal-hal yang kecil dekat rumah dulu.

      Hapus
  4. bagi keluarga saya, pedagang mie tek-tek adalah penyelamat kami di malam hari, hihihi
    Yup, di rumah ada tukang mie tek-tek yang lewatnya di atas jam 9 malam. Jadi kalau kita lagi lapar, biarpun udah malam bisa langsung beli, deh :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama waktu masih di Tangerang juga begitu. Masyarakat sini juga beli mi karena lapar di malam hari ini. Paling ramai jam 20.00-21.00 WIB.

      Hapus
  5. Mie tektek jadi penyelamat pas zaman ngekost. Sayang sekali ditempat tinggal saya yang sekarang ga ada tukang mie tektek lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di Undaan hanya dua penjual mi tek-tek. jam bukanya sore hari-malam.

      Hapus
  6. Hampir sama dengan mie tek tek di bandung cuma bedanya penyajiannya gak pake sate ayam mbak.. kelebihan pake arang emang ada aroma khasnya gitu yah mbak.. aku juga suka apalagi kalo malem-malem wehehwh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. mungkin terisnpirasi dari Bandung. Aroma arangnya itu bikin sedap.

      Hapus
  7. Murah banget ya mba Fu. Salah satu nikmatnya hidup di luar Jabodetabek dan kota besar adalah makanan yang nikmat dengan harga hemat 😊.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga kaget. bertahun tinggal di kota. pas di desa ternyata beda banget harganya.

      Hapus
  8. Aku di Bandung. Mie tek² ada yg dipikul ngider, ada yg mangkal. Istimewanya pakai areng, jadi wanginya khas...
    Engga bosen ngeliatin si Mamangnya masak sambil kipas²...

    BalasHapus
    Balasan
    1. di tempatku sudah pakai kipas angin. Mungkin ngakalin biar tidak capek.

      Hapus
  9. Waktu baru balik lagi ke jogja, aku juga sempet jetlag ama makanannya Mak Ita. Kelamaan di Sunda jd lidahku terbiasa makan dengan taste gurih dan asin. Hahah.. skrg udah mulai biasa makan manis lagi

    BalasHapus
  10. wis jadi wong Yogya. Aku juga lama di Tangerang. Jadi, baru sekarang belajar makan manis lagi.

    BalasHapus
  11. Murah sekali, mie masih ditambah 5 tusuk sate hy sepuluh ribu.

    BalasHapus
  12. Demi apa cobak, post-annya makanan dan liburan semua 😭
    Pengen nabrak tiang akutu, biar diajak liburan dan makan-makan juga 😩 *ngiler tingkat dewa

    BalasHapus
  13. Disini lagi hujan,gambarnya bikin ngiler, pas banget makan yang berkuah dan anget. Dan kayanya potongan cabe diganti sambel bisa nutupin manisnya kecap dari sate kali ya... (macam jadi kokinya aja hehehe)

    Itu mi nya pake mi basah ya mbak?

    BalasHapus
  14. Fokus Sama kalimat terakhir: suaminya pinter masak ya, Mbak?

    Wah, Mie Tek-tek jarang saya temui di sini. Adanya Pangsit Mie, hehe. Seneng emang ya tinggal di desa. Murmer tapi tetep ended :)

    BalasHapus
  15. Mie tek teknya unik yaa...di bogor kayak e lom ada deh mi tek tek. Atau aku yang kudet?

    BalasHapus
  16. Saya sering lihat mie tek tek di Bandung tapi belum pernah nyoba.kelihatannya enak yaa

    BalasHapus
  17. Aku suka banget sama mie tek tek. Apa lagi ini masaknya pakai arang ya, mbak? Pasti tambah enak rasanya. Jadi mau maen ke sanah ahhh ��

    BalasHapus