Minggu, 06 Januari 2019

6. Cari Provider yang Mendukung Kegiatan Daring


Tinggal di pedesaan ada plus dan minusnya. Plusnya sudah kubahas di cerita sebelumnya. Dari air yang melimpah, pangan yang sehat, sayuran tinggal metik di halaman, hingga udara bersih. Aku menikmati semuanya. Tentu dengan perjuangan tiada henti.

Proses adaptasi sudah kujalani. Sekarang tinggal mengakali bagaimana kehiduoan di sini tidak membosankan. Setidaknya pekerjaan daring tetap bisa kulakukan. Maklum, di desa. Bisa telepon dan SMS bagi masyarakat desa sudah cukup. Aku masih membutuhkan gawai untuk menunjang kegiatan menulis dan bisnis. Apalagi selama ini banyak orang sudah mengenalku sebagai konsultan Indscript. Akan banyak kegiatan daring yang kulakukan.

Memilih provider yang ramah di kantong, awalnya tidak pernah mampir di benak. Pasalnya, pulsa dan kuota masih banyak. Seiring berjalannya waktu, pulsa dan kuota internet pun habis. Aku dan suami pun mulai berburu provider yang mendukung kegiatan daringku.

Semua provider pun dicoba. Satu per satu kumasukkan ke gawai. Dari yang termurah sampai mahal. Terutama ketika jam sibuk. Bagaimana koneksi tetap lancar agar bisnis pun meroket.

Ada yang koneksi lancar, tetapi harga pulsanya sangat mahal. Tentu aku tidak mau ambil risiko untuk yang ini. Apalagi aku suka main aplikasi daring. Bisa-bisa sebulan beli pulsa lebih dari dua kali. Pengeluaran untuk pulsa akan semakin banyak.

Di Kota Tangerang, terkadang aku dapat pulsa dari menulis review pengajian. Namun, sudah hampir sebulan tidak ada lagi permintaan menulis review. Jadi, pulsa terpaksa beli. Lumayan menguras kantong karena provider yang kupakai sangat boros dan kuotanya terbatas.

Providerku yang lama tidak bersahabat dengan sinyal. Berulangkali terjadi kendali. Untuk mngunduh gambar, mutarnya lama banget. Jelas itu sangat menganggu kegiatan daring. Belum lagi di Indscript dituntut koneksi yang lancar. Kecepatan melayani pelanggan dan komunikasi antara pemilik Teh Indari dengan konsultan, membuatku akhirnya memilih provider yang harian dengan kuota besar.

Kuota yang besar menunjang kegiatan daring dan pembuatan flyer. Selama ini selain dapat dari Indscript, aku juga bikin gambar sendiri. Otak atik gamabar pakai canva, picsart, snapseed, dan sebagainya.

Akhirnya sampai pada pilihan provider yang nyaman buatku. Providernya tidak perlu disebutkan (nanti dikira iklan, wong nggak dibayar).

Provider yang kupakai sekarang, terkadang sinyalnya masih datang dan pergi. Maka, aku mulai menuliskan di buku. Pada pukul berapa provider  ngambek? Bagaimana mencari solusi yang menyenangkan. Akhinya aku membagi waktu. Kapan daring dan luring?

Waktu paling enak untuk daring adalah pukul 01.00-06.00. Waktu setelah itu sinyal sangat ramah. Maka, semua kegiatan kupindah sebelum Subuh. Aku pastikan sebelum pukul 06.00 semua postingan kelar, surat terkirim, riset pun sudah selesai. Siang aku tinggal membuat mind map, tulisan untuk esok hari, dan riset.

Semoga dengan provider sekarang, pekerjaan daringku semakin lancar. Amin.
#ODOP #estrilook  #day6


0 komentar:

Posting Komentar