Selasa, 30 Januari 2018

Tips Mengunjungi Museum


                                               menghadiri acara Habibie di Museum Bank Mandiri (koleksi peribadi)

Museum bisa menjadi alternatif berwisata bersama keluarga. Di Jakarta banyak museum yang bisa dikunjungi, seperti Museum Nasional, Museum Layang-Layang, Museum Bank Indonesia, dan sebagainya. Harga tiket untuk masuk ke museum pun sangat murah. Bahkan Museum Bank Indonesia menggratiskan tiket masuk.
Sebelum melakukan kunjungan ke museum, pastikan anda sudah melakukan survei sebelumnya. Di zaman sekarang, internet sudah menyajikan beragam informasi terkait museum yang akan dikunjungi, termasuk transportasi menuju ke sana. Untuk museum yang ada di kawasan Jakarta, Trans Jakarta bisa menjadi pilihan transportasi. Harga tiketnya hanya Rp3.500,00 per orang. Murah, bukan?
Ada enam tips mengunjungi museum agar nyaman dan menyenangkan, yaitu:
  • 1.       Pilihlah Busana Kasual


Bila ke museum bersama keluarga, pilihlah baju berbahan kaos yang menyerap keringat. Beberapa museum tidak menggunakan AC, sehingga pemilihan baju yang sesuai akan membuat nyaman selama mengunjungi tempat tersebut.
  • 2.       Ikuti Aturan Museum

Setiap museum mempunyai aturan tersendiri. Sebagai pengunjung yang baik, pastikan anda tidak melanggar aturan, seperti memotret menggunakan flash, membawa barang berlebihan, dan sebagainya.
  • 3.       Tidak Berisik dan Membuat Kegaduhan di Museum

Ketika mengunjungi museum, usahakan tidak mengobrol dengan suara kencang dan menganggu pengunjung yang lainnya. Sebisa mungkin anda tenang dan bicara seperlunya dengan suara lirih.
  • 4.       Tidak Menyentuh Koleksi Museum

Beberapa koleksi di museum rawan dengan kerusakan, meskipun tidak tertulis bukan berarti anda bebas menyentuh koleksi museum.
  • 5.       Tidak Makan, Minum, Merokok, dan Mengotori Museum

Museum biasanya mempunyai tempat untuk makan dan minum. Cara ini dilakukan agar pengunjung menyadari bahwa kawasan museum harus tetap diajaga kebersihan dan kerapiannya.
  • 6.       Ikuti Kegiatan di Museum

Beberapa museum mengadakan kegiatan untuk menarik pengunjung. Di museum keramik, ada kelas membuat keramik. Begitu juga di Museum Batik, pengunjung bisa membuat batik. Jadwal kegiatan bisa dilihat di website museum yang bersangkutan.
Demikianlah tips ketika mengunjungi museum. Berkunjung museum akan membuat pengetahuan bertambah dan banyak hal kreatif yang bisa dikembangkan.
Karawaci, 30 Januari 2018
#SatuHariSatuKaryaIIDN



0 komentar:

Posting Komentar