Selasa, 23 Januari 2018

Tips Berwisata Murah Meriah


Berwisata di zaman sekarang sudah menjadi kebutuhan. Liburan tanpa berwisata seakan tiada makna. Beberapa keluarga pun memaksakan diri untuk melakukan perjalanan, meskipun anggarannya terbatas. Menjamurnya bisnis tur dan travel membuat orang dengan mudah melakukan wisata.
Berwisata dengan biaya murah menjadi pilihan bagi setiap orang. Ada delapan tips yang bisa dilakukan dan pernah penulis lakukan, yaitu:
1.     1. Berwisata di Hari Biasa
Biaya berwisata di saat akhir pekan dan liburan biasanya sangat mahal. Cara mengakalinya adalah pergi di hari kerja, yaitu Senin-Jumat. Ini akan sangat menghemat biaya.
2.      2. Lakukan Survei
Sebelum melakukan perjalanan wisata, pastikan sudah melakukan survei melalui internet atau bertanya kepada teman yang sudah berpengalaman. Alasannya, untuk membuat perjalanan nyaman, berkesan, dan kemungkinan terburuk pun bisa dihindari
                                         Bandara Soekarno Hatta (koleksi pribadi)
3.      3. Transportasi
Transportasi merupakan hal penting dalam berwisata. Ia mengambil porsi paling banyak dari total biaya perjalanan. Dari hasil survei akan terlihat jelas transportasi apa saja yang bisa digunakan selama perjalanan. Beberapa provinsi di Indonesia, seperti Yogya, Semarang, Jakarta, dan lain-lain sudah mempunyai bus dalam kota yang harga tiketnya sama untuk semua tujuan. Ini bisa dimanfaatkan untuk menghemat ongkos.
4.      4. Tiket Pesawat
Bila menggunakan pesawat, belilah ketika ada promo. Biasanya beberapa maskapai menggelar promo di event-event tertentu. Begitu promo dibuka, segeralah melakukan pemesanan. Bisa juga menelepon pihak maskapai untuk menanyakan promo terbatas. Tahun 2010, penulis pernah mendapatkan promo tiket untuk 8 orang, Harga tiketnya pun sangat murah.
5.      5. Menginap di Rumah Saudara atau Teman
Rumah saudara atau teman bisa menjadi alternatif penginapan selama liburan. Sampaikan kepada teman atau saudara jauh-jauh hari, agar ia tidak kaget dan bisa menyiapkan segala sesuatunya. Jangan lupa membawakan oleh-oleh bagi teman atau saudara yang akan dikunjungi. Bila mungkin bawakan oleh-oleh khas daerah sekaligus sebagai promo kuliner.
6.      6. Makan di Warung Makan atau Rumah Makan Biasa
Selama berwisata pilihlah makanan khas daerah yang harganya murah. Jangan malu untuk makan makanan di pinggir jalan. Cari rumah atau warung makan yang bersih dan harganya murah. Usahakan tetap makan sesuai porsi biasanya. Jangan biarkan perut kosong dan mengakibatkan sakit ketika tengah berwisata.
7.     7.  Bawa Uang Tunai
Bila berwisata di tempat yang jauh dari mesin ATM, pastikan membawa uang tunai dengan jumlah yang cukup. Uang disimpan dalam tempat yang berbeda untuk mengantisipasi perampokan dan kehilangan.
                                         Pantai Pengklik, Samas, Bantul (koleksi pribadi)
8.      8. Carilah Tempat Wisata Terdekat
Berwisata tidak harus di tempat yang mahal. Ada banyak pilihan wisata di dekat rumah yang bisa dikunjungi, seperti  museum, pantai, kebun binatang, taman, dan lain-lain. Pilihlah tempat wisata yang banyak permainannya dan masih bersatu dengan alam, 
Demikianlah tips berwisata murah dari penulis. Semoga bisa membantu mewujudkan wisata murah meriah bersama keluarga.
#SatuHariSatuKaryaIIDN






0 komentar:

Posting Komentar