Kamis, 31 Desember 2020

Membangun Bisnis Daring dengan Digital Marketing Bersama ASUS AIO V241F

 

ASUS AIO V241F

Digital marketing memang sedang menjadi fenomena penjualan pada masa pandemi. Kedatangan virus yang mendadak membuat masyarakat di seluruh dunia gagap. Ketidakpastian dan kebingungan melanda seluruh negeri. Termasuk Indonesia. Hal baru yang mengubah tatanan dunia.

Kebijakan bekerja ataupun belajar di rumah, membuat masyarakat kehilangan arah. Terlebih ketika beberapa daerah melakukan karantina wilayah. Otomatis akses ke dan dari wilayah tertentu terputus.

Tiga bulan pertama begitu terasa. Sendi-sendi perekonomian yang baru tumbuh, tumbang satu per satu. Beberapa perusahaan pun mulai merumahkan karyawannya. Bahkan ada yang sudah melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau diberhentikan sementara.

Demi asap dapur tetap mengepul, segala hal pun dilakukan agar tetap bisa bertahan pada kondisi yang tidak menentu. Kreativitas pun muncul. Mungkin itu yang dinamakan the power of kepepet. Apa paun dilakukan yang penting bisa makan.

Berjualan secara daring pun dilakukan. Toko daring pun bermunculan laksana cendawan di musin hujan. Beberapa usaha ada yang berhasil. Namun, ada juga yang gagal. Ternyata, kesalahan pertama para pelaku digital marketing itu adalah tidak tahu cara berjualan yang elegan.

Definisi Digital Marketing

Pengertian digital marketing secara umum adalah kegiatan pemasaran yang yang dilakukan secara daring menggunakan berbagai media. Menurut Bapak Heri Ardin, pemateri “Digital Marketing with Asus DT/A10” definisi digital marketing adalah relevansi strategi penjualan untuk mencapai tujuan. Relevansi ini meliputi 4 hal, yaitu outbound, web design, content, dan inbound. .

Content memegang peranan penting dalam digital marketing. Content is king. Hal ini benar adanya. Keberhasilan membuat content akan meningkatkan penjualan.

Content Marketing

Content marketing tidak hanya membahas penjualan produk. Namun, ada 3 hal yang harus dilakukan, yaitu

1.       Membangun kesadaran (tahu)

2.       Mengenal lebih dalam (kenal)

3.       Membangun kepercayaan (trust)

Content marketing adalah teknik pemasaran untuk membuat (atau melakukan kurasi) dan mendistribusikan konten yang relevan dan berharga untuk menarik, memperoleh, dan melibatkan audiens target yang didefinisikan dengan jelas dan dipahami dengan tujuan mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan.

Content yang bagus adalah content yang bisa menimbulkan kepercayaan konsumen. Ketika mereka percaya dengan sebuah produk, otomatis akan setia. Dengan demikian, akan mudah dan lebih mengena di hati.

Content marketing bisa berupa webinar, presentation, aplikasi, video, survey, quiz, competition, giveaway, dan sebagainya. Pilihan strategi digital marketing tergantung kepada target market yang ingin disasar. Tentunya semua dilakukan berdasarkan riset yang mendalam.

Memulai Content Creator

Ada 3 cara untuk memulai content creator, yaitu

1.     Membangkitkan Empati

Masa pandemi banyak hal bisa diolah menjadi content yang menimbulkan rasa empati. Misalnya, memberikan masker kepada yang membutuhkan, berdonasi ke rumah sakit, membantu tetangga yang terkena Covid-19, dan sebagainya.

2.       Menyusun Obyektif

Obyektif diambil dari pemetaan yang sudah dilakukan. Kesalahan menentukan obyektif sama dengan kesalahan strategi.

3.      Menemukan Audience yang Tepat

Pahami audience terdekat dari lokasi rumah sehingga bisa langsung menentukan target audience yang ingin disasar.

 

Jika semua sudah dilakukan, keberhasilan content creator tergantung kepada 3 hal, yakni

1.       Konsisten

2.       Content yang relevan

3.       Dapat dipercaya



ASUS V241 Penunjang Keberhasilan Digital Marketing

ASUS V24iF


Selain teori, keberhasilan content creator ditentukan oleh alat yang digunakan. Salah satunya adalah Asus V241. Terutama bagi pelaku digital marketing yang enggak mau ribet. Maklum, hari ini mungkin sebagian sudah tidak mau ribet dengan perkabelan. Karena ribet kalua pindah-pindah tempat.

Zaman sekarang yang serba minimalis, membuat orang lebih suka tools yang mendukung hal tersebut. Nah, Asus V241, ini nirkabel alias semua langsung bisa dipasang di atas meja. Cocok deh buat ibu-ibu atau pekerja yang ruang kerjanya sempit.

Design Elegan

Kelebihan lain adalah bentuknya yang cantik banget. Designnya elegan banget. Ada dua pilihan warna putih dan hitam. Layar lebar dengan keyboard dan mouse wireless. Namun, semua nirkabel. Tinggal menggerak-gerakkan mouse saja. Selain itu, bisa juga touch screen yang interaktif. Enak banget deh dipakainya.

Hal lain yang menarik dari Asus V241 adalah mesin diletakkan di belakang layar. Jangan khawatir enggak tebal kok. Bentuknya tetap slim, ringkas, dan ringan.

Asus V241 cocok untuk consumer perusahaan dan pekerja rumahan. Mengenai harga yang ditawarkan sangat terjangkau kok, yakni Rp9.699.000,00. Harga ini sesuai dengan kelebihan yang ditawarkan kok, apalagi bagi yang mau membangun bisnis.

Untuk investasi, bolehlah Asus V241 ini dicoba. Jangan khawatir, nanti bisa di-upgrade kok. Tenang, tim Asus akan membantu segala kebutuhan para konsumennya.

Materi yang disampaikan Bapak Heri Ardin itu daging banget. Jadi, langsung ingin dipraktikkan. Persis seperti pesan beliau, kalau mau sukses jadi digital marketer ya harus mau praktik dan praktik. Apalagi kalua ditunjang dengan ASUS AIO V241F ini. 


 


0 komentar:

Posting Komentar