Jumat, 02 Februari 2018

Menyegarkan Pikiran dan Badan dengan Jalan-Jalan


                                                   menikmati sore (koleksi Fuatuttaqwiyah)
Jalan-jalan sudah menjadi kebutuhan pokok setelah sandang, pangan, dan papan. Bahkan beberapa keluarga membuat anggaran khusus untuk jalan-jalan. Sebagian perusahaan juga mengadakan acara jalan-jalan rutin. Lembaga pendidikan pun tidak ketinggalan. Semua sekolah rutin mengadakan jalan-jalan ke luar kota agar peserta didiknya tidak dilanda kebosanan. Biasanya dikemas dalam bentuk karya wisata. Konsepnya adalah belajar sambil berwisata.

Kebutuhan jalan-jalan zaman dulu hanya menjadi komoditi orang kaya, namun sekarang sudah  bergeser ke semua kalangan. Alasan melakukan jalan-jalan pun beragam dari sekadar membuang jenuh hingga mencari ide untuk bisnisnya.
Penulis sendiri banyak merasakan manfaat dari jalan-jalan, yaitu:
  • 1.       Menghilangkan Stres

Tekanan  pekerjaan membuat otak lelah. Bahkan sampai tidak bisa berpikir jernih. Apalagi ditambah dengan sikap bos yang sangat arogan. Bisa dibayangkan bagaimana suasana yang dihadapi oleh karyawan yang memiliki atasan yang seperti itu.
                                         menikmati sore (koleksi Fuatuttaqwiyah)
  • 2.       Menyegarkan pikiran

Tanpa sadar pekerjaan membuat otak buntu. Alih-alih bisa berpikir untuk kemajuan peursahaan, yang ada justru membuat rugi perusahan. Bila sudah di kondisi terbeut, segeralah mengambil cuti untuk jalan-jalan. Dijamin otak akan kembali sehat dan segar.
  • 3.       Menambah Wawasan Tempat Baru

Tempat baru membuat penulis tambah ilmu. Setiap daerah mempunyai kekhususan masing-masing. Dengan mendatanginya secara langsung akan banyak ilmu yang didapat. Pengetahuan tentang tempat tersebut membuat penulis menjadi semakin kaya informasi.
  • 4.       Mendapat Teman Baru

Sepanjang perjalanan penulis bisa bertemu dengan orang baru. Dari mereka penulis belajar bahasa, kebudayaan dan bergaul dengan masyarakat yang berbeda. Asyiknya menemukan teman baru yang menyenangkan.
  • 5.       Belajar Adaptasi dengan Cepat

Mengunjungi tempat baru membuat tubuh harus beradaptasi dengan lingkungan baru. Kemampuan adaptasi dengan cepat sangat diperlukan.
  • 6.       Menyehatkan Badan

Jalan-jalan membuat badan sehat terutama bila dilakukan di pagi hari. Udara yang masih segar dan bebas polusi bisa dihirup dengan mudah. Badan pun kembali segar dan sehat.
  • 7.       Mencegah Osteoporosis

Salah satu manfaat jalan-jalan adalah tulang tetap terpelihara. Bukan rahasia lagi bahwa semakin tua usia seseorang, maka akan daya tahan tubuh akan berkurang. Solusinya adalah jalan-jalan di pagi hari. Tulang akan kuat karena mendapatkan vitamin D dari sinar matahari.
  • 8.       Membuat Hidup Bahagia

Bahagia harus diciptakan. Salah satunya dengan jalan-jalan. Cari tempat jalan-jalan yang murah. Bila tidak mungkin jalan-jalan ke tempat yang mahal, taman bisa menjadi pilihan. Kebiasaan jalan-jalan membuat anda semakin banyak menebar senyum.

Demikian manfaat jalan-jalan yang sudah penulis dapatkan. Yuk, jalan-jalan agar hidup menjadi lebih indah dan penuh semangat.
Karawaci, 02 Februari 2018
#SatuHariSatuKaryaIIDN


1 komentar: